Selasa, 03 Januari 2012

Tips Membangun Usaha Angkringan

Tips Membuka Usaha Angkringan
     Sedikit tips bagi Anda yang ingin mencoba usaha angkringan, tak ada salahnya cermati langkah-langkah di bawah ini;
1. Menentukan dengan jelas target dan segmen pasar yang hendak digarap. Artinya memastikan siapa yang akan menjadi pembeli angkringan. Jika lokasi dekat kampus maka sudah pasti konsumen utamanya adalah mahasiswa. Jika lokasi dekat dengan perumahan, maka harus dikenali perilaku warganya, jika memutuskan membuka angkringan malam sampai dini hari apa ada kemungkinan warga sering keluar mencari makan malam hari.
2. Menentukan keunggulan usaha angkringan yang hendak dijual. Misal keunggulan dari jenis menu yang dijual apakah cukup unik dan enak. Keunggulan dari fasilitas dan pelayanan yang membuat pengunjung merasa nyaman dan senang. Ingat usaha ini adalah usaha terkait dengan suasana.
3. Mencari informasi lokasi yang sesuai. Lokasi menjadi hal yang sangat penting. Angkringan paling banyak dijual di kaki lima malam sampai dini hari. Lokasi yang ramai, strategis, mudah didatangi, tempat parkir yang luas, aman (biasanya gangguan preman sangat kental) serta dekat dengan pembeli.
4. Menghitung investasi yang harus dikeluarkan serta menghitung harga jual makanan yang akan dijual. Investasi dibawah 5 juta bisa dengan membeli gerobak angkringan seharga 2 jutaan, meja, perlengkapan yang khas kedaerahan. Sementara harga jual perlu dihitung agar tidak mengalami kerugian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar