Selasa, 03 Januari 2012

Solusi Permasalahan Industri Kreatif


Untuk menjawab tantangan-tantangan tadi, diperlukan solusi yang tepat agar permasalahan dapat segera diatasi. Tindakan-tindakan yang dilakukan untuk menjaga keberlangsungan industri kreatif di tanah air yaitu dengan: memproteksi produk-produk yang dihasilkan industri kreatif melalui pembebasan pajak, pelatihan/training, kemudahan memperoleh dana pengembangan, serta fasilitas promosi dan pemasaran. Selain itu, hal yang penting dilakukan adalah mempromosikan kepada seluruh masyarakat untuk selalu bangga menggunakan produk dalam negeri. Pemerintah perlu menghimbau masyarakat untuk mencintai produk lokal. Caranya dengan mewajibkan penggunaan produk tertentu pada suatu event penting. Contohnya baju batik yang sudah digunakan oleh pegawai-pegawai negeri pada acara dinas ataupun rapat. Hal ini merupakan salah satu bentuk promosi produk baru karena dengan begitu, orang-orang menjadi tahu keberadaan produk tersebut. Jika saja hal ini dilakukan terus-menerus, maka tidak hanya baju batik saja yang akan dikenal oleh masyarakat dunia, tetapi juga produk-produk lokal lain yang memiliki kualitas terbaik. Bagaimanapun juga, kita tetap harus menghargai kerja keras dan peran pemerintah dalam memajukan sektor ini karena pemerintah sudah melakukan usaha untuk mewujudkan tahun kreatif 2009. Saat ini telah muncul usaha-usaha kreatif yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Contohnya, usaha furniture dari bahan eceng gondok ataupun dari batang pisang. Usaha-usaha ini memang tidak lepas dari peran pemerintah yang sedang gencar-gencarnya menggenjot sektor ekonomi kreatif.
Dalam hal mempromosikan produk baru, peran media sangat diperlukan. Media berguna sebagai penghubung antara penjual dan pembeli. Dalam memajukan industri kreatif peran media sangat penting karena dengan adanya media ini, masyarakat dari seluruh daerah di Indonesia dapat mengetahui produk-produk yang merupakan hasil karya anak bangsa. Sosialisasi melalui media juga dapat membuat orang lain terinspirasi untuk menciptakan suatu produk kreatif yang memiliki nilai jual. Namun, media yang selama ini ada lebih banyak menonjolkan sisi entertainment daripada kreativitas masyarakat Indonesia. Usaha-usaha yang ada di Indonesia pun jarang terdengar di media. Karena itu, banyak usaha yang kurang dikenal masyarakat sehingga pelaku industri kreatif mengalami kesulitan dalam menjual produknya. Untuk itu, diharapkan media dapat membantu perkembangan usaha yang ada di Indonesia dengan cara menyiarkan produksi-produksi industri kreatif hasil karya anak bangsa.
Memang untuk mengembangkan industri kreatif di Indonesia tidak mudah. Namun masih ada celah untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Semua pihak, baik pemerintah ataupun masyarakat memiliki tanggung jawab untuk memperlancar pengembangan sektor industri kreatif di tanah air karena sektor ini memiliki fungsi penting bagi perekonomian Indonesia di masa depan. Semoga saja di tahun-tahun mendatang, industri kreatif ini mampu menjadi ujung tombak perekonomian negara.
Sumber :
http://kem.ami.or.id/2011/10/kembangkan-industri-kreatif-untuk-menghadapi-globalisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar