Senin, 18 Oktober 2010

SISTEM PEREKONOMIAN


Ekonomi yaitu sebuah istilah dari bahasaGreek (Yunani) yang berarti eko (mengatur) dan Nomos (rumah tangga). Dapt disimpulkan ekonomi yaitu kegiatan mengatur urusan harta kekayaan, baik yang berkaitan dengan (1) memperbanyak jumlah dan (2) menjaga pengadaannya ,maupun (3) tata cara pendistribusiannya kepada masyarakat. 
                Bidang ekonomi dibagi menjadi dua Bagian yaitu (1) Ilmu ekonomi dan (2) Sistem ekonomi, terlepas dari bagian tersebut disini saya akan menjelaskan tentang penerapan ekonomi dalam kehidupan sehari hari masyarakat di dunia .
Sistem ekonomi pun memilik unsur-unsur yang saling berkaitan satu denngan yang lainnya yaitu, (1) Unit-unit ekonomi seperti rumah tangga, perusahaan, srikat buruh, instansi pemerintah,maupun lembaga-lembaga lain yang berkaita dengan sistem ekonomi. (2) Pelaku-pelaku ekonomi seperti konsumen, produsen, buruh, investor, dan pejabat-pejabat terkait, (3) Lingkungan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Kapital (SDK), Dan Sumber Daya Teknologi (SDT).
Dari sedikit penjelasan di atas , sekarang saya akan sedikit membahas tentang pengklasifikasisn sistem ekonomi di dunia berdasarkan contoh negara yang menerapkan sistem ini sebagai sistem ekonomi yang digunakan dio Negaranya.
Berdasarkan Mekanisme koordinasinya Sistem Ekonomi dibagi menjadi Tiga yaitu (1) Sistem ekonomi Tradisi <Tradition Economy>, (2) Sistem Komando <Comando Economy>, (3) Sistem Pasar <Market Economy>.
1. Sistem Ekonomi Tradisi (Tradition Economy) yaitu mekanisme koordinasi berdasarkan tradisi berlaku dalam perekonomian yang masih sederhana.Dalam Sistem ekonomi ini kegiatan ekonomi masih bersifat sangat terbatas, dimana tujuna ekonomi tidak untuk memperoleh keuntungan, melainkan untuk memenuhi kebutuhan sendiri (subsitence level).
2. Sistem ekonomi Komando (Command Economy) yaitu mekanisme koordinasinya berdasarkan komando dari pusat kekuasaan (central authority). Lembaga yang diberikan hak koordinasi ekonomi disebut perencanaan terpusat. Sistem ekonomi ini sangat menolak mekanisme pasar, menurut mereka yang menggunakan sistem ekonomi ini, sistrem yang mereka gunakan sangat tepat dalam mengalokasikan dan mendayagunakan Sumber Daya.
3. Sistem Pasar (Market Economy) yaitu mengandalkan interaksi kekuatan permintaan dan penawaran sebagai alat alokasi yang efisien.
Penglasifikasian Sistem ekonomi yang selanjutnya adalah Berdasarkan Ideologi. Hal Ini dibagi menjadi tiga yaitu (1) Sistem kapitalis (Capitalist economy), (2) Sistem Sosialis (Socialist Economy), (3) Sistem Islami (Islamic Economy).
                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar