Senin, 18 Oktober 2010

LINGKUNGAN PERUSAHAAN DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL


Perusahaan seperti penjelasan saya di sesion yang sebelumnya, kali ini saya akan membahas Lingkungan dari perusahaan dan Tanggung jawab dari perusahaan tersebut. Lingkungan perusahaan dapat diartikan yaitu faktor baik dari dalam maupun luar perusahaan yang mempengaruhi jalannya ataupun kinerja perusahaan itu. Disini Lingkungan perusahaan akan dibagi menjadi dua bagian yaitu lingkungan Umum dan lingkungan Khusus. Dari lingkungan khusus akan dibagi lagi menjadi beberapa bagian antara lain Politik, hukum, sosial, perekonomian, kebudayaan, pendidikan, teknologi, dan Demografi.
Dari lingkungan khusus akan dibagi pula menjadi beberapa bagian lagi antara lain penyedia, pelanggan, pesaing, teknologi, dan sosio- politik. Dari bagian-bagian tersebut memiliki pengaruh tersendiri bagi perusahaan tersebut, dari gambaran ini akan saya jelaskan tentang apa pengaruh dari bagian dari lingkungan perusahaan.
Dilihat dari segi lingungan umum memiliki dampak yang bisa dibilang cukup dominan dalam perusahaan itu sendiri seperti namanya sifat dari lingkungan perusahaan ini adalah umum, umum sebagaimana diartikan bahwa ini lebih menjurus kepada publik dan lingkungan beradanya perusahaan itu sendiri. Jika dilihat dari lingkungan khusus yang berarti lebih lingkungan yang bersifat spesifik lagi misalkan lingkungan pesaing disini sifat dari pesaing hanya spesifik dari perusahaan tersebut dan hanya melibatkan 2 pihak tersebut tanpa ada campur tangan pihak yang lain.
Selain dari lingkungan yang dimiliki perusahaan, disini perusahaan memiliki tanggung jawab pula, Antara lain tanggung jawab terhadap pelanggan yaitu memuaskan konsumen dapat diartikan memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin terhadap konsumen atau pelanggan agar mereka tetap setia atau loyal terhadap produk perusahaan. Adapula tanggung jawab terhadap tenaga kerja yaitu memberikan kenyamanan terhadap pekerja lalu memberikan upah yang layak bagi pekerja, dan memberikan jaminan-jaminan kepada pekerja misalkan jaminan keselamatan kerja, jaminan kesehatan, lalu mendengar pula keluh dan kesah para pekerja.
Perusahaan memiliki tanggung jawab pula terhadap lingkungan yaitu dengan tetap menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan misalkan dengan memperhatikan limbah dan kesehatan lingkungan perusahaan itu sendiri. Adapula tanggung jawab terhadap Investor yaitu tanggung jawab dalam bentuk keterbukaan dalam perusahaan atas laporan baik keuangan ataupun yang lainnya secara transparan terhadap investor agar ada kepercayaan kepada perusahaan agar terus dapat bekerja sama.

Dalam bisnis adapula etika yang mengatur jalannya perusahaan etika bisnis adalah dasar-dasar moral termasuk segala sesuatu tentang kebaikan dan sifat-sifat hak, dalam hal ini etika digunakan untuk menilai kejujuran dan kebenaran berbisnis. Semua ini dapat berjalan sesuai dengan etika yang ada apabila para pebisnis memperhatikan semua aspek yang ada di atas, apabila ini semua telah berjalan sesuai dengan hal tersebut maka akan didapatkan keselarasan dan keseimbangan dalam berbisnis. Dalam bisnis pula harus diutamakan kejujuran, persaingan secara sehat. Agar seluruh dari bagian dan komponen yang ada di bisnis tersebut bisa berjalan selaras dan seimbang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar