Senin, 18 Oktober 2010

RUANG LINGKUP BISNIS


Dalam kehidupan kita sehari hari kita tidak luput dari apa yang biasa disebut dengan  bisnis. Tanpa kita sadari kita telah menjadi pelaku dari kegiatan bisnis. Definisi dari bisnis sesungguhnya bisa bermacam-macam tapi secara garis besar bisnis sesunggunhnya adalah suatu kegiatan atau usaha seseorang yang terorganisir guna memproduksi barang maupun jasa yang tujuannya untuk dijual  guna mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya.
Kegiatan ini didasarkan dari tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi adalah untuk mecukupi kebutuhan-nya yang bersifat tidak terbatas dengan pengorbanan yang sekecil mungkin. Dari sini Bisnis berawal. Kegiatan ini pada awalnya belum langsung menggunakan alat tukar menukar dalam bentuk uang maupun alat lain yang sifatnya telah bernilai dan sah digunakan untuk kegiatan jual maupun beli.
Misalkan dari istilah Barter yang sering kita dengar pada saat manusia belum mengenal media atau alat tukar menukar yang sah. Barter adalah cara manusia memenuhi kebutuhannya yang bervariasi dengan cara saling tukar barang yang sama sama dibutuhkan. Mulai saat itu sesungguhnya manusia telah melakukan kegiatan yang disebut dengan bisnis.
Tujuan dari kegiatan yang disebut dengan bisnis dibagi menjadi dua dilihat dari tujuan ekonomi yaitu mendapatkan laba,dan dari segi  tujuan sosial yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat.
Kegiatan Bisnis dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bagian :
1.       Usaha  pertanian
2.       Produksi barang mentah
3.       Pabrik/ manufaktur
4.       Konstruksi
5.       Perdagangan ; besar/kecil
6.       Transportasi dan komunikasi
7.       Finasial, Asuansi, Real-estate
8.       Usaha jasa
9.       Usaha yang dilakukan pemerintah : BUMD/BUMS
Dari sedikit penjelasan diatas saya hanya akan menyimpulkan bahwa segala aspek kehidupan di masyarakat manapun sesungguhnya tak lekang dari apa yang disebut dengan bisnis. Dari golongan manapun manusia pasti terlibat dari kegiatan yang disebut dengan bisnis. Dari kesimpulan diatas kita dapat mulai memikirkan akan berada disisi mana kita apakah sebagai pelaku kegiatan atau pelaksana bisnis, atau hanya sebatas konsumen yang meniukmati produk bisnis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar